AQUA Subang Launching Rumah Kompos di Desa Pasanggrahan

0
49

SUBANG-PT Tirta Investama (AQUA) Pabrik Subang melalui program Integrasi Economy Development dan Agriculture, melaksanakan Launching Rumah Kompos Kelompok Tani Organik Mandiri di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (18/9). Acara peresmian rumah kompos ini, merupakan kolaborasi antara PT Tirta Investama (AQUA) Pabrik Subang dan Kelompok Tani Organik Mandiri bersama dengan mitra pendampingan Senyum Untuk Negeri (SUN), serta Pemerintah Desa Pasanggrahan, UPTD Dinas Pertanian dan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kasomalang. Tujuannya untuk memperkuat sektor pertanian organik di Kabupaten Subang secara umum dan secara khusus di Desa Pasanggrahan.

Pembangunan Rumah Kompos ini didasarkan pada kebutuhan untuk mengelola sampah organik secara lebih efisien dan ramah lingkungan. Seiring dengan meningkatnya volume sampah organik di Desa Pasanggrahan terutama limbah pertanian, sisa makanan dan dedaunan. Selain itu faktor lainnya adalah munculnya masalah pencemaran lingkungan yang mempengaruhi kualitas udara, air, dan tanah. Salah satu solusi yang berkelanjutan adalah dengan mendirikan rumah kompos, yang bertujuan untuk mendaur ulang limbah organik menjadi kompos yang bermanfaat sebagai pupuk alami.
 
“Rumah kompos ini mengintegrasikan proses pengumpulan, pengolahan, dan pemanfaatan sampah organik dalam satu sistem,” ujar Kepala Pabrik AQUA Subang, Dwi Nofriyadi saat melakukan kunjungan sekaligus peresmian Rumah Kompos ke Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang.

Dwi juga menyatakan, pembangunan Rumah Kompos ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan sampah organik dengan cara yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta memberikan manfaat sosial, ekonomi, dan lingkungan. “Seperti yang dilakukan oleh Kelompok Tani Organik Mandiri dengan meluncurkan Produk Kompos dan Pupuk Organik Cair (POC) dengan brand “Gemuk”. Sosialisasi dan edukasi tentang penggunaan pupuk organik juga perlu terus dilakukan, sehingga masyarakat terutama petani dapat mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia dan mendukung pertanian yang berkelanjutan,” lanjutnya.
 
Pada program pembangunan rumah kompos Kelompok Tani Organik Mandiri, PT Tirta Investama (AQUA) Pabrik Subang menggandeng mitra tanggung jawab sosial Perusahaan yaitu Senyum Untuk Negeri (SUN) selaku pendamping pelaksana pembangunan Rumah Kompos yang terintegrasi dengan Unit Pengolah Pupuk Organik.
 
Ketua Kelompok Tani Organik Mandiri, Romaya menyampaikan tentang proses pembangunan Rumah Kompos, mulai dari peletakan batu pertama hingga finishing pembangunan dan dilakukan launching. Romaya mengucapkan terima kasih kepada AQUA Pabrik Subang yang dalam beberapa tahun ini telah memberikan pendampingan kepada Kelompok Tani Organik Mandiri, sehingga bisa mengelola usaha pertanian dengan lebih baik.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Pemerintah Desa Pasanggrahan, SUN, BPP dan POPT Kecamatan Kasomalang yang telah ikut berpartisipasi mendampingi Kelompok Tani Organik Mandiri. “Seperti inilah kondisi di saung kami, disini tempat berkumpulnya para petani untuk berdiskusi sehingga muncul ide-ide dan inovasi. Kami memang masih jauh dari sempurna dan perlu terus belajar, satu pesan saya, hargailah jasa para petani,” tutur Romaya pada kesempatan launching tersebut.

Hadir pula pada kesempatan tersebut tim penyuluh dari Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kasomalang, Jaenal yang mengungkapkan rasa terima kasihnya dan memberikan motivasi bagi para petani untuk terus semangat dalam bertani. Ia juga menekankan pentingnya kebijakan, kelembagaan dan kerjasama dalam meningkatkan pertanian organik sebagai salah satu solusi untuk memperbaiki struktur dan kondisi tanah.
 
Launching Rumah Kompos ditandai dengan simbolis penyerahan produk yang telah dihasilkan oleh Rumah Kompos Kelompok Tani Organik Mandiri dengan brand “Gemuk” yakni berupa Pupuk Kompos dan Pupuk Organik Cair antara PT Tirta Investama (AQUA) Pabrik Subangdengan Kelompok Tani Organik Mandiri didampingi oleh Pemerintah Desa Pasanggrahan dan perwakilan dari BPP dan POPT Kecamatan Kasomalang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here