BYD Bangun Pabrik Mobil Listrik di Subang, Jawa Barat

0
126
Penandatanganan kerja sama BYD Indonesia bersama PT Suryacipta Swadaya. (Foto: Dok Afrizal/VOI)
Penandatanganan kerja sama BYD Indonesia bersama PT Suryacipta Swadaya. (Foto: Dok Afrizal/VOI)

Subang – Produsen mobil listrik asal China, Build Your Dreams (BYD), resmi mengumumkan akan membangun pabrik di Kawasan Industri Subang Smartpolitan, Jawa Barat. Pabrik ini akan dibangun di atas lahan seluas lebih dari 108 hektar dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2026.

Pabrik BYD di Subang ini akan menjadi pusat penelitian dan pengembangan, fasilitas pelatihan, serta pusat produksi mobil listrik dengan teknologi hemat energi dan ramah lingkungan.

Dukungan Pemerintah, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin, menyatakan dukungan penuh terhadap rencana investasi BYD di Indonesia.

“Hari ini merupakan tonggak sejarah yang menunjukkan komitmen BYD untuk berinvestasi di Indonesia. Pemerintah menyambut baik dan bangga perusahaan sekelas BYD, pabrikan EV terbaik di dunia, mempercayakan kapasitas produksinya di Indonesia,” ujar Rachmat di JIExpo, Kemayoran, Selasa (30/4/2024).

Rachmat berharap kerjasama antara BYD dengan para pemasok lokal di Indonesia dapat semakin erat dan mendorong program pemerintah untuk dekarbonisasi, terutama di sektor transportasi.

Tujuan Pemerintah, Pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik. Hal ini telah dilakukan melalui berbagai regulasi yang dibuat khusus untuk EV.

“Tujuan pemerintah adalah untuk membantu ketersediaan EV berkualitas tinggi dengan harga terjangkau dan infrastruktur yang lengkap. Kami ingin masyarakat dapat mengakses transfer teknologi tidak hanya di pabrik BYD, tetapi juga di seluruh rantai pasokan pendukung,” kata Rachmat.

“Saat ini, ribuan orang sedang menunggu kendaraan listrik. Semoga dengan komitmen ini, kebutuhan mereka dapat segera terpenuhi dan semua pelanggan dapat segera menikmati kecanggihan teknologi yang ditawarkan BYD. Saya ucapkan selamat bekerja kepada BYD,” tambahnya.

Dampak Positif, Pembangunan pabrik BYD di Subang diyakini akan membawa banyak manfaat bagi Indonesia, antara lain:

  • Meningkatkan investasi: Investasi BYD di Indonesia akan meningkatkan jumlah investasi asing di negara ini.
  • Menciptakan lapangan kerja: Pabrik BYD akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia.
  • Mendorong transfer teknologi: Transfer teknologi dari BYD akan membantu meningkatkan industri otomotif Indonesia.
  • Mempercepat transisi energi: Produksi EV di Indonesia akan membantu mempercepat transisi negara ini menuju energi terbarukan.

Pembangunan pabrik BYD di Subang merupakan langkah penting dalam upaya Indonesia untuk menjadi pemain utama dalam industri EV global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here